Akademik

CAPAIAN PEMBELAJARAN

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNSRI

Profil

Sarjana Pendidikan Kimia yang mampu bertindak sebagai Pendidik Bidang Kimia, Peneliti Bidang Pendidikan Kimia,dan Pengelola Laboratorium serta Lembaga Pendidikan

Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes) :

1.      Sikap dan Tata Nilai

a. Bertaqwa kepadaTuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius ;

b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;

c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan  Pancasila;

d. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada Negara dan bangsa;

e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuanorisinal orang lain;

f. Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

g. Taat hokum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara ;

h. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

i. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannyasecara mandiri;

j. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

2.      Pengetahuan

a. Menguasaikonsep dasar kependidikan yang mencakup perkembangan peserta didik, teori-teori belajar, hakikat sains dan pola pikir Ilmiah;

b. Menguasai strategi pembelajaran inovatif yang berorientasi kecakapan personal, sosial dan akademik (life skills) pada pembelajaran kimia;

c.Menguasai kurikulum kimia sekolah dan implementasinya dalam pembelajaran kimia untuk mendiagnosis dan membantu kesulitan belajar peserta didik

d. Menguasai prinsip-prinsip pengembangan media pembelajaran kimia berbasis ilmu pengetahuan, teknologi yang kontekstual, khususnya TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), dan lingkungan sekitar;

e. Menguasai metode penelitian pendidikan kimia;

f. Menguasai pengelolaansumber daya pada penyelenggaraan kelas, laboratorium kimia dan lembaga pendidikan;

g. Menguasai matematika, komputasi, dan instrumentasi untuk mendukungpemahaman konsep kimia;

h. Menguasai konsep kimia, pola pikir keilmuan kimia berdasarkan fenomena alam yang mendukung  pembelajaran kimia di sekolahdan pendidikan lanjut

 

3.      Keterampilan

Keterampilan Umum

a. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan kimia;

b. Menunjukkan kinerja mandiri, melakukan pengaturan diri, bermutu, dan terukur;

c. Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang pendidikan kimia berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, dan desain;

d. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

e. Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pendidikan kimia, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

f. Memelihara dan mengembangkan jejaring kerja secara kolaboratif dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

g. Bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;

h. Melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

i. Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

j. Menemukan cara belajar yang tepat sesuai dengan sikap dan persepsinya terhadap belajar

 

Keterampilan Khusus

a. Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kimia berbasis aktivitas untuk mengembangkan kemampuan berpikir, dan sikap ilmiah pada pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis ilmu pengetahuan, teknologi  dan lingkungan sekitar;

b. Mengkaji dan menerapkan berbagai strategi pembelajaran inovatif yang telah teruji ;

c. Melakukan penelitian pendidikan kimia dalam bentuk pengkajian dan evaluasi pembelajaran kimia dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif untuk memecahkan permasalahan pembelajaran kimia dan dilaporkan dalam bentuk artikel ilmiah;

d. Mengelola sumber daya dan aktivitas yang mencakup penyelenggaraan kelas, laboratorium kimia dan lembaga pendidikan secara komprehensif.;

e. Mengambil keputusan strategis berdasarkan kajian terhadap masalah mutu, relevansi dan akses di bidang pendidikan dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium kimia dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya.

 

 

Capaian Pembelajaran

Kurikulum 2014

Kurikulum 2014

Pedoman Akademik